Pages

pidato tentang kenakalan remaja

| Rabu, 23 Februari 2011
Nama   :   Ghoziah maya lubis

Kelas   :   IX D

Kenakalan Remaja

Assalamualaikum Wr Wb
Yang terhormat Ibu Rina Wahyuti S.PD selaku guru Bahasa Indonesia

SMP Plus Melati Samarinda

Dan teman-teman yang saya cintai


Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dengan sehat walafiat. Saya sebagai siswi IX D ingin membahas tentang kenakalan remaja yang marak terjadi disekitar kita.
Kenakalan remaja adalah perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja.Kenakalan remaja tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang sekitarnya.
Kartono (ilmuwan sosiologi) mengemukakan bahwa kenakalan remaja atau dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan istilah Juvenule delinquency merupakan gejala potolaogis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabdian sosial.Akibatmya,mengembangkan bentuk perilaku menyimpang.
Kenakalan remaja melanggar dari norma agama,norma sosial,norma hukum,dan norma kelompok.
Berikut ini ada beberapa jenis-jenis kenakalan remaja yang sering kita jumpai dari beberapa remaja-remaja:
1.      Penyalahgunaan narkotika : fungsi utama dari narkotika ialah analgetik untuk mengurangi rasa sakit dan penenang yang hanya digunakan di rumah sakit untuk orang-orang yang mengalami penyakit berat(contohnya KANKER) atau orang-orang yang akan menjalani operasi itu pun harus dengan rekomendasi dari dokter tersebut.Narkotika mendatangkan efek samping yang disebut halusinasi.Dengan timbul efek halusinasi terhadap remaja,mereka pun ingin menggunakan narkotika meskipun mereka tidak  sedang sakit.Hal inilah menjadi penyalaggunaan obat (narkotika).
Bayaha narkoba yang tidak sesuai peraturan dengan adanya ketergantungan.Ketergantungan adalah keracunan obat yang bersifat kronik,sehingga control terhadap dirinya dan menimbulkan kerugian terhadap dirinya dan masyarakat.Beberapa jenis bahan untuk membuat narkoba dan obat bius antara lain adalah candu,kokain,morgin,ganja,kafein dan mariyuana.
2.      Perilaku seks di luar nikah : perilaku ini sangat melanggar norma-norma agama dan sosial.Perilaku seks diluar nikah di akibatkan oleh budaya barat.Perilaku seks diluar nikah menurut agama adalah dosa besar.
3.      Perkelahian pelajar : perkelahian pelajar dapat merusak dan memperlemah persatuan dan kesatuan pelajar di Indonesia dan merusak nilai-nilai sosial.
4.      Dan masih banyak lagi kenakalan remaja.Misalnya: bolos sekolah,kebut-kebutan,mencuri,minum-minuman keras,berbohong,mencoret-coret di tembok atau pagar.                                                                         
 Penyebab terjadinya kenakalan remaja dapat di bagi dua yaitu :
a.       Faktor internal: - perubahan biologis dan sosiologis pada remaja tersebut.Kenakalan remaja           dapat terjadi apabila remaja tersebut gagal mencapai idensitas peran.
-          Kontrol diri yang lemah
b.      Faktor eksternal: - perceraian orang tua,kurang komunikasi,perselihan antar keluarga,pendidikan yang salah(memanjakan anak),pendidikan agama yang kurang,perilaku-perilaku tersebut dapat memicu perilaku nakal pada remaja tersebut.
-          Teman atau sahabat yanh kurang baik
-          Lingkungan/komunitas yang kurang baik.                                                                                                                                      
Setelah kita tahu apa saja kenakalan remaja dan penyebabnya,maka dari itu kita harus mengatasinya dengan cara:
1.    Apabila remaja tersebut mengalami gagalnya mencari idensitas peran dan lemahnya kontrol
       diri bias di atasi dengan prinsif keteladanan.Remaja harus mendapatkan figur orang dewasa
       yang telah melalui masa remajanya dengan baik atau mereka yang berhasil memperbaiki diri
       setelah sebelumnya gagal pada tahap ini.
2.    Kemauan orang tua untuk memperbaiki kondisi keluarga sehingga menjadi keluarga yang
       Harmonis,komunikatif,dan nyaman bagi keluarga.
3.    Kehidupan keluarga yang beragama akan melihat sosial keluarga yang menjalankan ibadah 
       agama secara baik berarti mereka menanamkam nilai-nilai dan norma yang baik.Apabila   
       keluarga yang menjalankan ibadah dengan baik maka anak-anaknya akan melakukan hal-hal
       yang baik pula.
4.    Carilah teman bergaul yang sesuai,selain itu orang tua hendaklah memberikan kesibukan 
       dan tanggung jawab sehingga anak itu tidak sering keluyuran dan tidak ada pemaksaan.
        Berilah penjelasan dulu supaya tidak ada kesalahpahaman.Sebab memberikan tanggung
        jawab dalam rumah kepada remaja,mereka akan berlatih di siplin untuk mampu  
      memecahkan masalah sehari-hari.Mereka akan di didik mandiri serta berilah pengarahan
      tentang mencari teman yang baik.
5.      Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas  yang ada tidak sesuai dengan harapan.
6.      Orang tua harus lebih mementingkan anaknya untuk bersekolah,karena sekolah adalah tugas utama untuk remaja sedangkan hobi adalah kegiatan kegiatan sampingan yang boleh di lakukan apabila tugas utamanya telah selesai.
7.      Lebih banyak meluangkan waktu untuk keluarga,waktu weekend lebih baik menghabiskan dengan keluarga,apakah itu liburan,bermain bersama,bertukar pikiran,atau makan bersama.
Maka dari itu kita sebagai remaja jauhilah yang namanya kenakalan remaja karena yang kita dapatkan hanya dampak negative,karena dari itu kita sebagai penerus bangsa jauhilah yang namanya kenakalan remaja.Tidak mungkin kan penerus Indonesia hancur.
Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas kenakalan remaja. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatian saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 singa terbang's blog Blogger Template by Dzignine